DAMPAK TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KETAHANAN NASIONAL MASYARAKAT DI KABUPATEN BANGKALAN : SEBUAH PENDEKATAN MODEL SISTEM DINAMIK

  • Adi Bandono STTAL
  • I Made Jiwa Astika STTAL
  • Beben Efendi STTAL

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dampak tingkat pendidikan terhadap ketahanan nasional masyarakat di Kabupaten Bangkalan, serta mendapatkan skenario kebijakan yang tepat dalam pengembangan tingkat pendidikan sehingga dapat meningkatkan dampaknya terhadap ketahanan nasional masyarakat di Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Decision Making Trial Evaluation and Laboratory (DEMATEL) untuk mendapatkan variabel kunci dari suatu sistem serta mendapatkan hubungan keterkaitannya, dan pendekatan sistem dinamik untuk menganalisa dampak tingkat pendidikan terhadap ketahanan nasional di wilayah Kabupaten Bangkalan. Terdapat tiga skenario kebijakan yang diterapkan pada penelitian ini, antara lain; skenario peningkatan prosentase dana lembaga pendidikan (skenario 1), skenario peningkatan dana beasiswa (skenario 2) dan skenario kombinasi (skenario 3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berdampak positif terhadap nilai ketahanan nasional di Kabupaten Bangkalan melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Skenario kebijakan yang tepat untuk diterapkan ke dalam sistem adalah skenario 3 dan skenario 2, dengan nilai ketahanan nasional Kabupaten Bangkalan sebesar 0,77 atau tangguh pada periode tahun 2020.

Published
2017-12-30
How to Cite
BANDONO, Adi; ASTIKA, I Made Jiwa; EFENDI, Beben. DAMPAK TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KETAHANAN NASIONAL MASYARAKAT DI KABUPATEN BANGKALAN : SEBUAH PENDEKATAN MODEL SISTEM DINAMIK. JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 8, p. 1-12, dec. 2017. ISSN 2722-5763. Available at: <https://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/41>. Date accessed: 17 oct. 2021.
Keywords:
ketahanan nasional, pendidikan, DEMATEL, sistem dinamik