PENETAPAN KOMPONEN KRITIS UNIT RXU PADA SONAR KINGKLIP KRI KELAS SIGMA DI WILAYAH KOARMATIM DENGAN PENDEKATAN METODE FMECA

  • Benny Sukandari S
  • Bambang Suharjo STTAL
  • Basuki Enggal STTAL

Abstract

Manajemen perawatan sangatlah diperlukan dan mempunyai peran yang sangat vital bagi sebuah KRI Kelas Sigma, mengingat jenis KRI ini merupakan salah satu Alutsista TNI AL yang memiliki frekwensi aktifitas yang tinggi, daya jangkau yang luas serta kemampuan dukungan operasi yang variatif sehingga otomatis aktifitas Sonar juga tinggi dan pada akhirnya keandalannya akan menurun. Metodologi Failure Mode Effect and Criticality Analysis (FMECA) adalah alat yang diakui secara luas untuk studi analisis dan keandalan desain atau proses. Banyak penulis dilapangan telah menekankan secara khusus kegunaan metode ini serta keterbatasannya. Pada penulisan ini mengingat usia pakai dari Sonar dan elemen didalamnya secara khusus komponen-komponen unit RXU telah memasuki masa kritis. Berdasarkan langkah-langkah Failure Mode Effect and CriticalityAnalysis (FMECA) melalui perhitungan Risk Priority Number (RPN), maka dapat ditentukan komponen kritis dari 16 peluang kerusakan diperoleh 8 komponen yang memiliki kekritisan yaitu KM3SSC PCB, KVPE PCB, KHUB PCB, KVPDI PCB, BIBAU9 PCB, KD4L PCB, Power Suply, dan Electro Valve. Komponen-komponen tersebut apabila rusak dapat mengakibatkan Sonar breakdown. Dari hasil optimasi menunjukkan bahwa komponen KHUB PCB memiliki waktu penggantian tercepat, yaitu 68 hari. Sedangkan komponen dengan waktu penggantian terlama, yaitu 165 hari adalah komponen Electro Valve.

Published
2017-12-30
How to Cite
SUKANDARI, Benny; SUHARJO, Bambang; ENGGAL, Basuki. PENETAPAN KOMPONEN KRITIS UNIT RXU PADA SONAR KINGKLIP KRI KELAS SIGMA DI WILAYAH KOARMATIM DENGAN PENDEKATAN METODE FMECA. JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 8, p. 1-10, dec. 2017. ISSN 2722-5763. Available at: <https://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/40>. Date accessed: 25 july 2021.
Keywords:
FMECA, Risk Priority Number, Keandalan, IntervalPenggantian.