OPTIMASI ANALISIS PERCEPATAN DAN BIAYA PROYEK DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA (Study kasus : Proyek Pembangunan Gedung Naval Cyber Command (NCC)

  • Okol Sri Suharyo STTAL
  • Bambang Suharjo STTAL
  • Tri Kairo Suwarsono STTAL

Abstract

Proyek pada umumnya memiliki batas waktu (deadline), artinya proyek harus diselesaikan sebelum atau tepat pada waktu yang telah ditentukan. Keterlambatan waktu proyek yang terjadi selama pelaksanaan konstruksi dapat menjadi masalah besar dan berakibat terkena denda. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aktifitas mana yang dapat dilakukan percepatan durasi proyek sehingga memperoleh biaya tambahan (extra cost) yang optimal atau seminimal mungkin. Penelitian dilakukan dengan metode Perth-Cpm guna memperoleh lintasan kritis dan metode algoritma genetika dengan menggunakan program excel solver. Data yang didapat berupa RAB (Rencana Anggaran Biaya), time schedule (kurva-s), data maksimal percepatan dan data aktifitas pendahulu dari aktifitas selanjutnya. Hasil penelitian diperoleh dimana mean (rata rata) aktifitas pada lintasan kritis adalah 212,63 hari dengan standart deviasi 6,14, ekspektasi biaya Rp. 1.085.297 sehingga total biaya tambahan (extra cost) yang dikeluarkan pihak pelaksana proyek sebanyak Rp 1.525.026, akan tetapi bisa mempercepat jangka waktu pelaksanaan proyek selama 5 hari dengan percepatan pada aktifitas yang ke 72 selama 5 hari sehingga dapat menghemat biaya dibandingkan terjadi keterlambatan dalam 1 hari saja di denda sebesar 27.158.297

Published
2017-12-30
How to Cite
SUHARYO, Okol Sri; SUHARJO, Bambang; SUWARSONO, Tri Kairo. OPTIMASI ANALISIS PERCEPATAN DAN BIAYA PROYEK DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA (Study kasus : Proyek Pembangunan Gedung Naval Cyber Command (NCC). JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 8, p. 1-11, dec. 2017. ISSN 2722-5763. Available at: <https://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/39>. Date accessed: 17 oct. 2021.
Keywords:
Perth-Cpm, Algoritma genetika, excel solver, Data proyek, percepatan waktu dan biaya tambahan (extra cost)