APLIKASI METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) UNTUK MENENTUKAN FAKTOR DOMINAN PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN DI ALUR PELAYARAN BARAT SURABAYA

  • Okol Sri Suharyo STTAL
  • Suparno Suaprno STTAL
  • Taufik Pamungkas STTAL

Abstract

Alur Pelayaran Barat Surabaya merupakan alur pelayaran tersibuk kedua di Indonesia setelah alur masuk Tanjung Priok (Departemen Perhubungan, 2006). Dengan kondisi alur pelayaran yang panjang dan sempit ditambah banyaknya arus kapal yang keluar masuk pelabuhan mengakibatkan sangat rentan terhadap kecelakaan laut baik itu kandas, tabrakan kapal ataupun jenis kecelakaan yang lainnya, yang tentunya akan memberikan dampak negatif terhadap pelayaran intersulair. Dengan melihat fakta seperti tersebut diatas, maka dirasa perlu untuk melakukan penelitian secara ilmiah sehingga kita dapat menentukan faktor dominan yang menyebabkan terjadinya kecelakaan pelayaran di Alur Pelayaran Barat Surabaya, sehingga nantinya diharapkan akan diketahui juga kriteria-kriteria utama penyebab terjadinya kecelakaan.
Dalam pengambilan keputusan penyebab terjadinya kecelakaan di Alur Pelayaran Barat Surabaya, dimana permasalahan yang ada tidak dapat disusun dalam bentuk hirarki karena melibatkan interaksi dan dependensi elemen-elemen yang lebih tinggi tingkatannya terhadap elemen yang lebih rendah levelnya. Maka dari itu pada penelitian ini digunakan metode Analytic Network Process (ANP) yang mempunyai kemampuan mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternatif.

Published
2015-12-30
How to Cite
SUHARYO, Okol Sri; SUAPRNO, Suparno; PAMUNGKAS, Taufik. APLIKASI METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) UNTUK MENENTUKAN FAKTOR DOMINAN PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN DI ALUR PELAYARAN BARAT SURABAYA. JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 4, p. 28-36, dec. 2015. ISSN 2722-5763. Available at: <https://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/24>. Date accessed: 25 july 2021.
Keywords:
Analytic Network Process (ANP), Alternatif, Alur Pelayaran Barat Surabaya, Kriteria Utama