OPTIMASI PENEMPATAN PENUGASAN UNSUR KRI SATUAN KAPAL PATROLI ARMABAR DALAM OPERASI KEAMANAN LAUT DI WILAYAH PERAIRAN KEPULAUAN RIAU MENGGUNAKAN MODEL SET COVERING

  • Amarulla Octavian STTAL
  • Budisantoso Wirjodirdjo STTAL
  • Muksin Muksin STTAL

Abstract

Wilayah perairan Kepulauan Riau merupakan salah satu lokasi dengan tingkat kerawanan tindak pelanggaran di laut yang cukup tinggi di Indonesia, karena wilayah ini berbatasan langsung dengan negara tetangga dan merupakan jalur perdagangan dan pelayaran internasional. Salah satu peran dari TNI AL adalah menjaga stabilitas keamanan wilayah yurisdiksi nasional, termasuk di wilayah perairan Kepulauan Riau yang kemudian diwujudkan dalam Operasi Keamanan Laut, dimana dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa kendala yaitu keterbatasan anggaran, kemampuan teknis, jumlah kapal, keterbatasan informasi, serta keterbatasan sarana pendukung, sehingga pelaksanaan Operasi Keamanan Laut menjadi tidak optimal. Penyebab utamanya adalah penempatan kapal patroli selama operasi tidak tertata dengan baik.


Dengan adanya permasalahan tersebut, maka diadakan penelitian dengan menggunakan metode set covering untuk mendapatkan lokasi penempatan kapal patroli yang paling optimal dengan kapal yang sesedikit mungkin namun tetap dapat menjangkau seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau dan meminimumkan biaya operasionalnya. Dalam penelitian ini dilakukan pendekatan secara diskrit yaitu penentuan titik rawan yang berjumlah 37 titik rawan. Semua titik ini harus terjangkau oleh kapal yang bertugas.

Published
2015-12-30
How to Cite
OCTAVIAN, Amarulla; WIRJODIRDJO, Budisantoso; MUKSIN, Muksin. OPTIMASI PENEMPATAN PENUGASAN UNSUR KRI SATUAN KAPAL PATROLI ARMABAR DALAM OPERASI KEAMANAN LAUT DI WILAYAH PERAIRAN KEPULAUAN RIAU MENGGUNAKAN MODEL SET COVERING. JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 4, p. 11-19, dec. 2015. ISSN 2722-5763. Available at: <https://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/21>. Date accessed: 25 july 2021.
Keywords:
Set Covering, Pemilihan Lokasi, Operasi Kemanan Laut, Wilayah Perairan Kepulauan Riau