PEMILIHAN RUDAL PERMUKAAN KE PERMUKAAN PADA KRI KELAS SAMPARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DECISION MAKING TRIAL AND EVALUATION LABORATORY (DEMATEL) DAN ANALYTYC NETWORK PROCESS (ANP)

  • Ahmadi Ahmadi STTAL
  • Udisubakti Cipto Mulyono STTAL
  • Joni Hari Purnomo STTAL

Abstract

KRI merupakan salah satu Alat Utama Sistem Senjata (alutsista) yang dimiliki oleh TNI AL. Dalam pengadaanya di tahun 2014 ini, TNI AL membuat sebuah kapal jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) buatan PT PAL yang memliki beberapa kelebihan baik dari platform maupun sewaco jika dibandingkan dengan KRI lainnya,yang diberi nama KRI Kelas Sampari.Untuk mendukung dalam kemampuan bertempurnya, KRI Kelas Sampari ini akan dilengkapi oleh senjata rudal atas air (Surface to Surface Missile/SSM) untuk meningkatkan fungsi asasi sebagai Kapal perang yang maksimal. Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka diperlukan pemilihan alternatif senjata rudal atas air yang benar-benar tepat. Pemilihan alternatif senjata rudal atas air memerlukan analisa terhadap informasi dan identifikasi berbagai persyaratan yang penting mengenai data-data dari alternatif senjata atas air. Selain alternatif, nantinya diharapkan akan diketahui juga kriteria-kriteria utama dalam pemilihan Senjata atas air tersebut. Dalam pengambilan keputusan pengadaan Senjata Atas Air, dimana permasalahan yang ada tidak dapat disusun dalam bentuk hirarki karena melibatkan interaksi dan dependensi elemen-elemen yang lebih tinggi tingkatannya terhadap elemen yang lebih rendah levelnya. Maka dari itu pada penelitian ini digunakan metode Dematel dan Analytic Network Process (ANP) yang mempunyai kemampuan mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternatif.

Published
2015-12-30
How to Cite
AHMADI, Ahmadi; MULYONO, Udisubakti Cipto; PURNOMO, Joni Hari. PEMILIHAN RUDAL PERMUKAAN KE PERMUKAAN PADA KRI KELAS SAMPARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DECISION MAKING TRIAL AND EVALUATION LABORATORY (DEMATEL) DAN ANALYTYC NETWORK PROCESS (ANP). JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 4, p. 1-10, dec. 2015. ISSN 2722-5763. Available at: <https://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/18>. Date accessed: 17 oct. 2021.