ANALISA DAN PENENTUAN JABATAN KOMANDAN BATALYON AAL DENGAN METODE KEPRIBADIAN PAPI KOSTICK DAN METODE DEMATEL ANALYTIC NETWORK PROCESS (DFANP)

  • Adi Bandono STTAL
  • Udisubakti Cipto Mulyono STTAL
  • Rhony Lutviadhani STTAL

Abstract

Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) adalah Lembaga pendidikan TNI AL yang berfungsi mendidik Taruna menjadi Perwira calon pemimpin masa depan TNI AL guna mendukung tugas pokok TNI AL dimasa mendatang. Komandan Batalyon (Danyon) merupakan Jabatan yang sangat penting pada struktur organisasi Akademi Angkatan Laut dalam mendidik Taruna. Pada Perpang TNI no.perpang 138/XII/2011 menegaskan wajibnya setiap personil TNI memiliki soft dan hard kompetensi.
Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada analisa dan penentuan kriteria jabatan Danyon AAL meliputi soft dan hard kompetensi serta menggunakan metode Kepribadian PAPI Kostick, DEMATEL ANP untuk mendapatkan Komandan terbaik yang mampu dalam mewujudkan tugas pokok TNI AL. Metode Kepribadian PAPI Kostick merupakan tes kepribadian tentang situasi kerja. Bersama dengan kriteria-kriteria lainnya seperti Pengetahuan, Keterampilan, Kesehatan, Kesamaptaan, dan Konduite, kriteria Kepribadian PAPI Kostick akan diuji kaitan hubungan antar kriteria maupun antar subkriteria didalamnya dengan menggunakan kuisioner DEMATEL.
Hasil dari DEMATEL tersebut kemudian digambarkan menjadi sebuah model ANP. Selanjutnya disusun kuisioner ANP. Kemudian hasil kuisioner yang telah diolah, digunakan sebagai input dalam software Superdecision. Hasil dari software tersebut adalah bobot dari masing-masing subkriteria yang dapat digunakan dalam penilaian seleksi komandan. Dan pada subbab contoh penilaian, dari hasil software Superdecision, dapat diketahui peringkat dari alternatif calon Komandan, pada model yang telah ditambahkan cluster alternatif.

Published
2015-12-30
How to Cite
BANDONO, Adi; MULYONO, Udisubakti Cipto; LUTVIADHANI, Rhony. ANALISA DAN PENENTUAN JABATAN KOMANDAN BATALYON AAL DENGAN METODE KEPRIBADIAN PAPI KOSTICK DAN METODE DEMATEL ANALYTIC NETWORK PROCESS (DFANP). JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 4, p. 37-47, dec. 2015. ISSN 2722-5763. Available at: <http://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/25>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Keywords:
Soft dan Hard Kompetensi, Kepribadian PAPI Kostick, DEMATEL, ANP