APLIKASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) DALAM PENENTUAN PRIORITAS PENGEMBANGAN LANAL (PANGKALAN TNI AL) MENJADI LANTAMAL (PANGKALAN UTAMA TNI AL)

  • Okol Sri Suharyo STTAL
  • Joko Purnomo STTAL

Abstract

Pangkalan TNI AL memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan suatu operasi di wilayah NKRI sebagai negara maritim. Berbagai permasalahan yang dihadapi serta dinamika perkembangan lingkungan strategis yang relatif sulit diprediksi dan semakin kompleks, menuntut jajaran TNI AL untuk mempersiapkan diri sedini mungkin dalam menghadapi setiap kemungkinan ancaman yang dapat mengganggu stabilitas pertahanan negara. Menyadari hal tersebut, pimpinan TNI AL berkehendak melakukan pengembangan pangkalan tertentu untuk dinaikkan status klasifikasinya. Bila dihadapkan pada keterbatasan kondisi anggaran pertahanan negara saat ini, maka perlu adanya prioritas dalam upaya pengembangan pangkalan tersebut sehingga dapat memberikan percepatan kontribusi terhadap operasi TNI AL, sehingga kriteria fungsi pangkalan secara keseluruhan dapat berperan dalam menunjang tugas TNI AL. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Network Process (ANP) yang memiliki kemampuan untuk mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternatif. Dua jenis keterkaitan yang dimiliki dalam metode ANP yaitu keterkaitan dalam satu set elemen (innerdependence) dan keterkaitan antar elemen yang berbeda (outerdependence). Hasil penelitian berupa nilai bobot prioritas kriteria dan prioritas alternatif Lanal yang akan dikembangkan menjadi Lantamal. Nilai bobot kriteria yang terbesar adalah Fasilitas Pangkalan dan nilai bobot alternatif yang terbesar adalah Lanal Pontianak.

Published
2015-06-30
How to Cite
SUHARYO, Okol Sri; PURNOMO, Joko. APLIKASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) DALAM PENENTUAN PRIORITAS PENGEMBANGAN LANAL (PANGKALAN TNI AL) MENJADI LANTAMAL (PANGKALAN UTAMA TNI AL). JOURNAL ASRO, [S.l.], v. 3, p. 35-47, june 2015. ISSN 2722-5763. Available at: <http://asrojournal-sttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/15>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Keywords:
Pangkalan, Kriteria, Alternatif, Analytic Network Process, ANP